Cara Mengatasi Rambut Kusut supaya Gampang Diatur dan Lembut

Kamu yang sedang pusing karena rambut susah diatur, pasti sedang cari juga cara mengatasi rambut kusut. Rambut kusut memang menyebalkan, mau dibentuk seperti apapun, terasa sulit dan tidak melulu berhasil. Apalagi kalau sudah tertiup angin, rambutmu akan tampak seperti sapu ijuk atau rambut singa.

Rambut kusut tidak hanya dialami oleh pemilik rambut ikal dan keriting saja. Kamu yang memiliki rambut lurus panjang pun juga bisa mengalaminya. Memang, masalah rambut kusut ini tidak pandang bulu. Semua orang bisa mengalaminya, baik itu pria maupun wanita.


Begini cara mengatasi rambut kusut yang menjengkelkan

Rambut kusut harus diatasi sesegera dan sebaik mungkin. Bila dibiarkan berlarut, rambut yang kusut itu semakin banyak yang rontok karena tertarik-tarik. Di samping itu, rambut kusut tentu mengganggu penampilan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi permasalahan rambut kusut yang sedang kamu alami.

Sebaiknya hindari terlalu sering berkeramas

Terlalu sering berkeramas atau keramas setiap hari tidak dianjurkan untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Pasalnya, kandungan deterjen pada sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut, yang berfungsi untuk menjaga kelembabannya.

Bila kehilangan minyak alaminya, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami rambut dan kulit kepala kering. Hal itu akan berujung pada masalah baru seperti rambut kusut, kusam, dan bercabang. Jadi, sangat penting untuk menjaga kadar minyak alami tersebut.

Menjadwalkan keramas adalah cara terbaik dan termudah untuk menjaga kadar minyak alami rambut. Sehingga, kelembapan kulit kepala dan rambut itu sendiri bisa terjaga. Sebagai saran, lakukan keramas 2-3 kali dalam seminggu dengan sampo terbaik yang kamu punya.

Fiona Shampoo Green Tea 250 ml merupakan sampo dengan ekstrak green tea yang membawa banyak manfaat kebaikan alami. Selain dapat melembabkan, sampo ini juga dapat menutrisi rambut kembali sehingga tumbuh sehat, lembut, dan indah. 

fiona shampo green tea

Selain dapat menghilangkan kelembapan, terlalu sering berkeramas juga bisa memberikan efek samping rambut lepek dan lengket. Semakin sering berkeramas, semakin sering kulit kepala kehilangan minyak alaminya. Hal itu memicu kulit kepala untuk memproduksi minyak lebih banyak. Jadi, pastikan kamu menjadwalkan kapan saja kamu akan keramas.

Pakai conditioner untuk perawatan rambut tambahan

Selain rutin membersihkan dan merawat rambut dengan sampo, ada baiknya gunakan rekomendasi conditioner untuk melengkapi rutinitas hair-treatment yang kamu jalani. Manfaat conditioner untuk kesehatan rambut pun tak diragukan lagi. Salah satunya untuk mengatasi masalah rambut kusut.

Tidak hanya melembabkan rambut saja, conditioner juga sekaligus melembutkan rambut. Bila digunakan secara rutin, rambut kusut yang kamu alami secara perlahan akan membaik. Cukup disayangkan kalau melewatkan produk perawatan rambut yang satu ini. Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, kamu bisa coba Fiona Balsam Conditioner.

fiona balsam conditioner

Perhatikan cara mengeringkan rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut mungkin terdengar sepele. Namun, kalau dilakukan dengan tidak baik, bukan tidak mungkin rambutmu akan kusut. Terlebih, bila digosok-gosokkan ke handuk secara keras dan kasar dengan harapan rambut bisa cepat kering.

Menggosok rambut dengan keras ke handuk bisa merusak lapisan kutikula. Bila lapisan ini terluka, rambut menjadi terasa kasar dan tampak kusam. Rambut yang kasar akan lebih mudah kusut. 

Lalu, bagaimana cara mengeringkan rambut dengan handuk yang tidak membahayakan? Caranya yaitu dengan menepuk-nepukan handuk ke rambut secara perlahan. Sesekali tekan dan tahan handuk sejenak supaya kandungan air pada rambut lebih banyak terserap.

Kamu juga bisa menggunakan handuk microfiber untuk mengeringkannya. Handuk jenis ini memiliki daya serap yang lebih tinggi dibanding handuk biasa. Di samping itu, handuk ini cukup direkomendasikan untuk kamu yang memiliki rambut ikal maupun keriting dan juga rambut yang bermasalah seperti kusam, kering, dan bercabang.

Kurangi frekuensi pemakaian hair dryer untuk mengeringkan rambut

Memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut memang sangat membantu. Rambut yang basah dapat kering dalam waktu sebentar. Alat ini memang dapat diandalkan karena dapat menghemat waktu, terlebih saat kondisi terburu-buru. 

Namun sayangnya, penggunaan hair dryer yang berlebih justru bisa membahayakan rambut sehat. Suhu panas yang dihasilkan dari hair dryer bisa merusak lapisan kutikula rambut. Bila lapisan ini rusak, rambut menjadi kasar, kering, dan tampak kusam. Selain itu, rambut juga jadi kusut dan bercabang.

Mengurangi frekuensi pemakaiannya bisa mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut. Gunakan hair dryer seperlunya saja dan manfaatkan handuk seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Memang dibutuhkan waktu yang lebih lama supaya rambut kering. Tapi tenang, ada beberapa cara mengeringkan rambut dengan cepat yang bisa kamu lakukan.

Agar lebih aman saat menggunakannya, pakai conditioner ataupun handuk untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan. Sehingga, rambut terbebas dari paparan suhu panas secara langsung. Cara lainnya yaitu dengan mengatur suhu panasnya di tingkat yang rendah.

Rutin menggunakan hair tonic atau vitamin rambut

Cara mengatasi rambut kusut juga bisa mengandalkan hair tonic dan vitamin rambut. Kedua produk tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan salah satunya yaitu mengatasi permasalahan rambut kusut. Di samping itu, masih ada banyak manfaat vitamin rambut yang perlu kamu tahu juga.

Kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Sebab, rambut memerlukan nutrisi untuk menyusun struktur jaringannya yang sehat dan kuat. Bila tidak, rambut sulit tumbuh dengan baik sehingga mudah rontok, patah, kasar, dan bercabang. Rambut kusut pun tak terelakkan.

Baik hair tonic ataupun vitamin rambut, keduanya mengandung nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh rambut. Selain nutrisi dari dalam, rambut juga perlu diberi nutrisi dari luar. Cukup semprotkan di beberapa titik kepala kemudian pijat dan ratakan. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang lebih optimal.

Fiona Cosmetics juga memiliki hair tonic dan vitamin rambut berkualitas dan telah terbukti manfaatnya. Untuk hair tonic nya, ada Fiona Hair Tonic Menthol 100 ml. Sementara untuk vitamin rambut, ada Fiona Crystal Film Pink Vitamin Rambut. Keduanya hadir dengan kemasan praktis dan mudah digunakan kapanpun dan dimanapun saat dibutuhkan.


Penyebab rambut menjadi kusut dan sulit diatur

Rambut kusut tidak datang sendiri begitu saja. Ada hal-hal yang mengundangnya untuk datang dan mampir sejenak. Mungkin secara tidak sadar, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dalam keseharian. Berikut beberapa penyebab munculnya rambut kusut.

  • Kebiasaan mengikat rambut dengan ikatan yang terlalu kencang. Ikatan yang terlalu kencang dapat melukai lapisan kutikula rambut, yang bila lapisan ini rusak membuat rambut terasa kasar, kusam, dan berujung kekusutan.

  • Tidak memakai pelindung kepala ketika beraktivitas di luar ruangan. Rambut terpapar sinar matahari, debu, dan polusi secara langsung.

  • Terlalu sering keramas, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Tidak merawat rambut dengan baik dan penuh perhatian. 

  • Cara menyisir yang kasar dan keras, sampai-sampai ada beberapa rambut yang rontok akibat tertarik.

Cara mengatasi rambut kusut juga perlu dilakukan secara konsisten dan tak mudah putus asa. Jika belum teratasi dengan baik, coba beberapa alternatif yang ada sampai menemukan “formula sendiri” yang tepat. Rambut kusut masih sangat bisa untuk diatasi dan bukanlah akhir dari segalanya.